8 Oktober 2014

Qurban


Qurban akan sering dikaitkan dengan syariat nabi Ibrahim AS, ketika nabi Ibrahim diperintah untuk mengorbankan anaknya nabi Ismail AS, kemudian Allah mengganti sembilahan dengan seekor kambing.
Satu hal yang harus kita syukuri dari kisah ini adalah penggantian korban manusia kepada korban hewan. Coba kalau seandainya ada qurban manusia, kita sebagai anak bisa terancam nih, bisa-bisa nama kita besok keluar dalam undian sebagai orang yang akan diqurbankan 

Korban manusia pernah ada dalam sejarah termasuk salah satunya di Mesir sendiri, mereka mengorbankan seorang perempuan cantik setiap tahun sebagai persembahan kepada dewa.
Mereka menghiasi perempuan tsb dengan sebagus2nya kemudian menenggelamkannya ke dalam sungai nil (menurut satu versi), kebiasaan ini terus berlanjut sampai islam masuk ke Mesir di bawah pimpinan Amru ibn Ash.

Suku maya di Amerika juga mempersembahkan qurban manusia untuk dewa mereka, korban dibaringkan di atas altar keramat kemudian mereka dadanya di bedah.

Korban manusia juga ada dalam sejarah kuno agama yahudi, nasrani (setelah terjadi penyimpangan). Sampai majelis vatikan mengeluarkan undang2 pelarangan korban manusia.

0 komentar:

Posting Komentar