8 Oktober 2014

”Basmalah !” Anakku 2018


Ketahuilah nak apa yang telah ditulis oleh para ulama kita dahulu, mereka menyebutkan “Jika malam telah merendahkan sayapnya turun ke bumi , melambaikan tangannya “selamat jalan wahai siang, sudah saatnya kamu pergi kemudian azan magrib pun berkumandang tanda pemisah antara siang dan malam, maka pada saat itu janganlah kamu berkeliaran juga diluar rumah.

Najis merupakan tempat bersembunyi dan bergelayutnya para setan, Ini sangat rentan, anak-anak dengan tabiatnya yang latah, buang air yang gak jelas, sering kadang merembes ke ujung celana tau rok atau ada juga tidak bersuci setelahnya, main-main di sembarang tempat tanpa memikirkan apakah tempat itu bersih atau tidak, hal-hal ini akan menyebabkan najis akan sering didapati ada pada anak-anak, nempel di pakaian atau badannya, ditambah lagi bahwa anak anak itu kebanyakan jauh dari zikir (benteng yang menjaga manusia dari gangguan makhluk alam lain). 

Maka inilah yang ditakutkan jika mereka dibiarkan juga main-main di halaman atau di luaran pada waktu magrib datang . karena magrib adalah masa keluarnya para setan.
Setan pada saat-saat keluar akan menyerbu tempat-tempat bergelayut, menempel pada tempat yang terkena najis atau tempat mana saja yang mereka yang bisa dipakai untuk bergelayut.

Inilah di antara hikmah mengapa nabi menyuruh merangkul anak-anak ke rumah saat malam mulai datang.

إذا استجنح الليل فكفوا صبيانكم فإن الشياطين تنتشرحينئذ

“ jika malam sudah mulai datang maka tahanlah anak-anakmu karena sesungguhnya para setan sedang keluar berkeliaran…” (Bukhari, hadis no 3280)

Jika malam datang maka baca basmalah dan tutup semua jendela, bacalah basmalah dan tutuplah wadah-wadah air, pokoknya mau ngapain aja bacain basmalah aja dech, ketika akan tidur, akan makan, akan minum, ganti pakaian, akan masuk rumah hinggga ketika akan mulai bekerja sekalipun.

Ada orang yang ketika melihat makanan lansung lupa semuanya, ketika tinggal suapan terakhir baru ingat dan lansung baca basmallah (bismillahi awwalahu wa akhirahu artinya saya makan dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhir), kemudian nabi kita tersenyum “ saya melihat setan senantiasa ikut makan bersamanya tapi tatkala dia menyebut nama allah setan lansung memuntahkan lagi makanannya….

Penting sekali membaca basmalah, untuk mengambil berkah, membenteng dari setan dan sebagai bentuk pengakuan kita akan kasih sayang tuhan.

Kita sebagai makhluk yang tidak sempurna, kadang tidak taat dengan perintah dan aturan tuhan maka coba bayangkan kalau seandainya Allah hanya kasih rizki kusus hanya untuk hambanya yang taat2 saja maka pasti kita sudah mati kelaparan gak dapat jatah. Namun Allah sayang dengan kita, sekarang tinggallah tugas kita untuk mensyukurinya, walaupun kita belum sebaik orang tapi minimal kita baca basmalah lah sebagai wujud pengakuan kita atas nikmat dan kasih sayang Allah.
********* 

Beberapa pertanyaan yang perlu kita jawab:

-apa hukum membaca basmalah untuk memulai semua perbuatan? Sangat dianjurkan

-membaca basmalah secara lengkap (bismillahirrahmanirrahim) boleh untuk memulai setiap perbuatan yang baik kecuali ketika akan menyemblih hewan, masak iya kita sebut “dengan rahmat dan kasih sayang Allah” lalu pisau kita gorokkan juga di lehernya, kan kurang pas, ucapan kita gak sesuai dengan perbuatan kita. Lantas bagaimana, kita kan harus baca basmalah ketika menyemblih? Ya udah kalau githu baca bismillah allahu akbar saja , gak usah ditambah2in dengan arrahman arrahim.

-bagaimana dengan orang yang sedang berhadas besar (junub) atau perempuan yang sedang dalam masa datang bulan apakah juga disuruh membaca basmalah ataukah ada hukum lain? Perempuan yang sedang datang bulan dilarang melakukan ibadah-ibadah fardhu seperti sholat, puasa, apakah mereka juga dilarang melakukan ibadah2 sunah seperti baca basmalah, membaca zikir pagi sore, membaca alqur’an? Mereka dilarang baca alquran namun tidak dilarang untuk dzikir

- apa hukum membaca basmalah ketika akan makan ? ada yang bilang sangat dianjurkan , ada yang bilang wajib

- kalau makan bareng boleh gak satu orang saja yang baca doa atau masing-masing harus baca doa juga ? boleh asal bacanya yang keras sehingga yang lain bisa mendengarkannya.

- kalau makanan itu beragam, ada makanan beratnya, ada hidangan pencuci mulutnya, ada minuman2nya, apakah boleh baca basmalah sekali saja di awal atau harus berulang-ulang, ketika makan makanan berat baca basmalah, ketika menyantap hidangan pencuci mulut baca basmalah lagi atau bagaimana? Boleh sekali, mewakili untuk makanan yang periode waktu singkat atau masih satu rangkaian prosesi makan

- kita boleh membaca basmalah sedikit keras dg niat mengingatkan orang lain, karena tidak semua orang yang akan makan ingat untuk baca basmalah.

- apakah kalau hanya sekedar mencicipi harus juga baca basmalah atau membaca basmalah itu hanya wajib bagi yang akan makan saja? Ketika mencicipi juga harus pakai basmalah biar berkah


3 komentar:

Anonim mengatakan...

Dahsyat syeikh...teruslah menulis :)

Noff Novi Hendri mengatakan...

tidak sedahsyat kamulah, saya kan baru belajar, ala kuli hal semoga 4 tahun lagi (2018) saya dah py satu anak ya. ^.^ hehe

Anonim mengatakan...

amin amin amin :) :) yang baik2 mari di aminkan....

Posting Komentar